03 Ulama Abad 3 H

1. lmam Syafi’i rahimahullah (wafat 204 H.)
Nama lengkap beliau adalah ABU ABDILLAH MUHAMMAD bin IDRIS as SYAFI’I. Lahir di Gazzah Palestina (150H.) dan wafat di Mesir (Kairo) tahun204H.) Inilah lmam Besar, Mujtahid Muthlaq( Mujtahid penuh) dalam Madzhab Syafi’i. Riwayat beliau ini sudah diuraikan sekedarnya pada Bab yang pertama dalam buku ini. (Boleh juga nanti ikuti bersama Manaqib Imam Syafi’i dengan riwayat yang shahih, dalam judul blog yang lain)
2. Ar Rabi’I bin Sulaiman al Muradi (wafat 270 H.)
Beliau ini adalah murid langsung dari Imam Syafi’i rahimahullah, dibawa dari Bagdad sampai ke Mesir. Lahir tahun 174 H. dan wafat tahun 270 H. Beliau inilah yang membantu Imam Syafi’i rahimahullah, menulis kitabnya Al Umm dan kitab ushul Fiqih yang pertama di dunia, yaitu Kitab Risalah al Jadidah.
Berkata Muhammad bin Hamdan : “Saya datang ke rumah Rabi’i pada suatu hari, di sana didapati di hadapan rumahnya 700 kendaraan membawa orang yang datang mempelajari kitab Syafi’i dari beliau”. Ini suatu bukti bahwa Ar Rabi’i bin Sulaiman al Muradi adalah seorang yang utama, penyiar dan penyebar Madzhab Syafi’i rahimahullah.
Tetsebut dalam kitab Al Majmu’ halaman 70, kalau ada perkaaan “sahabat kita ar Rabi’i” maka maksudnya adalah Ar Rabi’i bin Sulaiman al Muradi ini. Di dalam kitab Al Muhadzab tidak ada Ar Rabi’i selain ar Rabi’i ini, kecuali satu Ar Rabi’i dalam masalah menyamak kulit yang bukan Ar Rabi’i ini, tetapi Ar Rabi’i bin Sulaiman al Jizi. (Beliau ini adalah sahabat Imam Syafi’i rahimahullah juga).
3. Al Buwaithi (wafat 231 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Ya’kub Yusuf bin Yahya al Buwaithi, lahir di desa Buwaith (Mesir) wafat 231 H. Beliau ini adalah murid langsung dari Imam Syafi’i rahimahullah, sederajat dengan Ar Rabi’i bin Sulaiman al Muradi. Imam Syafi’i berkata : “Tidak seorang juga yang lebih berhak atas kedudukanku melebihi dari Yusuf bin Yahya al Buwaithi” dan Imam Syafi’i rahimahullah berwasiat, manakala beliau wafat maka yang akan menggantikan kedudukan beliau sebagai pengajar adalah Al Buwaithi ini. Beliau menggantikan Imam Syafi’i rahimahullah berpuluh tahun dan pada akhir umur beliau ditangkap lantaran persoalan “fitnah Quran”, yaitu tentang makhluk atau tidaknya Quran yang digerakkan oleh kaum Mu’tazilah. Akhirnya al Buwaithi ditangkap oleh Khalifah yang pro faham Mu’tazilah, lalu dibawa dengan ikatan rantai pada tubuhnya ke Bagdad. Beliau meninggal dalam penjara di Bagdad tahun 231 H.
Beliau syahid karena mempertahankan kepercayaan dan i’tiqad beliau, yaitu i’tiqad kaum ahlussunnah wal Jama’ah yang mempercayai bahwa Quran itu adalah Kalam Allah yang Qadim, bukan “ciptaan Allah”, (makhluk).
4. AI Muzany (wafat 264 H.)
Nama lengkap beliau adalah Imam Abu Ibrahim, Ismail bin Yahya Al Muzani, lahir di Mesir 175 H dan 25 tahun lebih muda dari Imam Syafi’i rahimahullah. Imam Syafi’i rahimahullah pernah berkata tentang sahabatnya ini, bahwa Al Muzani adalah pembela Madzhabnya. Setelah Imam al Buwaithi ditangkap maka al Muzany menggantikan kedudukannya dalam halakah Imam Syafi’i itu sampai beliau wafat pada tahun 264 H. (60 tahun terkemudian dari Imam Syafi’i rahimahullah).
Beliau adalah seotang ulama yang saleh, zuhud dan rendah hati. Beliau banyak mengarang kitab fiqih Syafi’iyah, seumpama :
1. Al Jami’al Kabir
2. Al Jami’as Shaghir.
3. Al Mukhtashar
4. Al Mantsur.
5. At Targib fil Ilmu.
6. Kitabul Watsaiq.
7. Al Masail al Mu’tabarah.
8. Dan lain-lain.
5. Harmalah at Tujibi (lahir tahun 166 H. – wafat tahun 243 H.).
Nama lengkapnya Harmalah bin Yahya Abdullah at Tujibi, mudd Imam Syafi’i rahimahullah. Beliau seorang Ulama Besar penegak Madzhab Syafi’i yang menyusun kiab-kitab Madzhab Syafi’i. Di dalam Madzhab Syafi’i terkenal Kitab Harmalah, yaitu kitab karangan Imam Syafi’i rahimahullah yang disusun oleh murid beliau ini, yaitu Harmalah bin Yahya. Selain beliau ahli fikih syafi’i yang terkenal, juga beliau ahli Hadits yang banyak menghafal hadits-hadits Nabi. Kabarnya beliau telah menghafal 10.000 hadits Nabi. Diantara ahli-ahli hadits yang menjadi murid dari Harmalah ini, terdapat Imam Muslim yang terkenal, Imam Ibnu Qutaibah, dan Imam Hasan bin Sofyan.
6. Az Za’farani (wafat 260 H.).
Nama lengkap beliau ini adalah Imam aI Hasan bin Muhammad Ash Shabah az Za’farani. Lahir di dusun Za’farani dan kemudian pindah ke kota Bagdad di mana di sini beliau belajar kepada Imam syafi’i rahimahullah. Imam Az Za’farani adalah murid langsung dari Imam Syafi’i. Imam Bukhari seorang ahli Hadits yang terkenal banyak mengambil Hadits dari az Za’farani ini tetapi beliau bukan menjadi orang Mujtahid dalam fiqih. Beliau tetap memegang Madzhab Imam Syafi’i rahimahullah. Dari beliau ini mengalirlah ajaran fikih Syafi’i kepada Imam Bukhari yang terkenal, sehingga Imam Bukhari menganut Madzhab Syafi’I juga dalam syari’at dan ibadat.
7. Al Karabisi (wafat 245 H.).
Nama lengkap beliau adalah Imam Abu ‘Ali Husein bin ‘Ali al Karabisi. Beliau juga seorang murid langsung dari Imam Syafi’i rahimahullah sesudah terlebih-dahulu menganut ajaran lmam Abu Hanifah (Hanafi) dan kemudian masuk dalam Madzhab Syafi’i. Beliau adalah menjadi tiang tengah dalam menegakkan fatwa dan aliran-aliran Imam Syafi’i rahimahullah.
8. At Tujibi (wafat 250 H.).
Ahmad bin Yahya bin Wazir bin Sulaiman at Tujibi. Beliau adalah seorang Ulama yang belajar langsung dalam ilmu fiqih kepada Imam Syafi’i rahimahullah. Meninggal dan bermakam di Mesir.
9. Muhammad bin Syafi’i (wafat 240 H.).
Muhammad bin Syafi’i, gelarnya Abu Utsman al Qadhi. Beliau adalah anak yang tertua dari Imam Syafi’i rahimahullah. Pada akhir usia beliau menjabat kedudukan Qadhi di Jazirah dan wafat di sini tahun 240 H.
10. lshaq bin Rahuyah (wafat 238 H.)
Nama lengkap beliau adalah Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad bin Ibrahim yang terkenal dengan nama Ibnu Rahuyah. Lahir tahun 166 H. dan wafat tahun 238 H. Beliau belajar fiqih kepada Imam Syafi’i rahimahullah yang terkenal. Bukan saja dalam ilmu fiqih tetapi juga dalam ilmu Hadits. Imam Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Ahmad bin Hanbal, banyak mengambil hadits dari Ishaq bin Rahuyah ini. Imam Nasai mengatakan bahwa Ibnu Rahuyah adalah Tsiqqah”, yaitu “dipercaya” .
11. Al Humaidi (wafat 219 H.).
Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Zuber bin Isa, Abu Bakar al Humaidi. Beliau adalah juga murid langsung dari Imam Syafi’i rahimahullah. Beliaulah yang membawa dan mengembangkan Madzhab Syafi’i ketika di Mekkah, sehingga beliau diangkat menjadi Mufti Mekkah. Wafat di Mekkah pada tahun 219 H.
Inilah diantaranya 11 orang murid langsung dari Imam Syafi’i rahimahullah yang kemudian menjadi ulama Besar dan tetap teguh memegang Madzhab Syafi’i. Dengan perantaraan beliau-beliau inilah Madzhab Syafi’I tersiar luas ke pelosok-pelosok dunia Islam terutama ke bagian Timur dari Hijaz, yaitu ke Iraq, ke Khurasan, ke Maawara an Nahr, ke Adzerbaiyan, ke Tabristan, juga ke Sind, ke Afganistan, ke India, ke Yaman dan terus ke Hadramaut, ke Pakistan, India dan Indonesia.
Beliau-beliau ini menyiarkan Madzhab Syafi’i dengan lisan dan tulisan. Selain dari itu ada dua orang murid Imam  Syafi’i rahimahullah ” yaitu Imam Ahmad bin Hanbal, (wafat-241 H) yang kemudian “ternyata membentuk satu aliran fikih yang bernama Madzhab Hanbali. Yang kedua Syeikh Muhammad bin Abdul Hakam,  seorang Ulama murid langsung dari Imam Syafi’i rahimahullah yang ilmunya tidak kalah dari al Buwaithi. Beliau ini pada akhir umurnya berpindah ke Madzhab Maliki dan wafat dalam tahun 268 H. di Mesir.
Ulama-ulama, murid yang langsung dari Imam Syafi’i rahimahullah ini boleh dinamakan Ulama Syafi’iyah TINGKATAN PERTAMA. Ada tingkatan kedua, yaitu ulama-ulama Syafi’iyah yang wafat dalam abad ketiga juga, tetapi tidak belajar kepada Imam Syafi’i rahimahullah sendiri, melainkan kepada murid-murid Imam Syafi’i rahimahullah.

Ulama-ulama itu adalah :

12. Ahmad bin Syayyar al Marwadzi (wafat 268 H.)
Nama lengkap beliau adalah Ahmad bin Sayyar bin Ayyub Abu Hasan al Marwadzi. Beliau adalah murid dari Ishaq bin Rahuyah dan Ulama-ulama Syafi’i yang lain, Ulama-ulama seperti Nasai, Ibnu Khuzaimah, Imam Bukhari dan lain-lain, mengambil ilmu kepada beliau. Syeikh Ahmad bin Sayyar yang membawa dan mengembangkan ke Marwin, ke Gazanah di India, ke Afganistan dan lain-lain. Beliau adalah pengarang kitab “Tarikh Marwin”.
13. lmam Abu Ja’far at Tirmidzi (wafat 295 H.).
Nama lengkap beliau ini adalah Muhammad bin Ahmad bin Nashar, Abu Ja’far at Tirmidzi. Beliau adalah seorang ulama Besar Syafi’iyah di Iraq sebelum masanya Ibnu Surej. Beliau mengarang sebuah kitab dengan judul “Kitab Ikhtilaf Akhlis Shalat” dalam ushuluddin.
14. Abu Hatim ar Razi (wafat 277 H.).
Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Idris bin Munzhir bin Daud bin Mihran. Abu Hatim ar Razi, lahir tahun 195 H. Beliau adalah seorang Ulama Syafi’iyah yang besar, yang mengatakan bahwa beliau telah berjalan kaki mencari hadits pada tingkat pertama sepanjang 1000 farsakh. Beliau berjalan kaki dari Bahrein ke Mesir, ke Ramlah di Palestina, ke Damaskus, ke Inthakiah, ke Tharsus, kemudian kembali ke Iraq dalam usia 20 tahun. Diantara guru beliau dalam fikih ialah Yunus bin Abdul NaIa, yaitu sahabat-sahabat Imam Syafi’i rahimahullah.
15. Imam Bukhari (wafat 256 H.).
Nama lengkap beliau Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughitah bin Bardizbah al Jufri al Bukhari. Lahir tahun 194 H. di Bukhara Asia Tengah. Sejak kecil beliau sudah menghafal Al-Quran di luar kepala dan sangat menyukai mencari dan mendengar Hadits-hadits Nabi. Kemudian selama 16 tahun beliau menyusun dan mengarang kitab sahihnya yang berjudul kitab “Sahih al Bukhari”. Beliau selalu berkelana ke daerah-daerah dan kota-kota negeri Islam ketika itu. Beliau belajar hadits-hadits di negerinya dan kemudian pergi ke Balkha, ke Marwa, ke Nisabur, ke Rai, ke Basrah, ke Kufah, ke Mekkah, ke Madinah, ke Mesir, ke Damaskus, ke Asqalan dan lain-lain.
Perialanan beliau ini adalah dalam rangka mencari ulama-ulama yang menyimpan hadits dalam dadanya untuk dituliskannya di dalam kitab yang ketika itu sangat kurang sekali. Kitab sahih Bukhari itu adalah kitab agama Islam yang kedua sesudah Al-Quran. Hadits-hadits di dalamnya menjadi sumber hukum yang kuat dalam fiqih (hukum) Islam.
Pada mulanya beliau sampai menghafal hadits sebanyak 600.000 hadits yang diambilnya dari 1080 orang guru, tetapi kemudian setelah disaring dan disaringnya lagi, maka yang dituliskannya dalam kitab Sahih Bukhari hanya 7275 hadits. Kalau disatukan hadits yang berulang-ulang disebutnya dalam kitab itu, jadinya beriumlah 4000 hadits yang kesemuanya hadits sahih dan diterima oleh seluruh dunia Islam, terkecudi oleh orang  yang buta mata hatinya.
Diantara guru beliau dalam fiqih Syafi’i adalah Imam al Humaidi, sahabat Imam Syafi’i yang belajar fiqih kepada Imam Syafi’i ketika berada di Makkah al Mukarramah. Juga beliau belajar fiqih dan Hadits kepada Za’farani dan Abu-Tsur dan Al Karabisi, ketiganya adalah murid Imam Syafi’i rahimahullah. Demikian diterangkan oleh Imam Abu ‘Ashim al Abbadi dalam kitab “Thabaqat”nya.
Beliau tidak banyak membicarakan soal fiqih, tetapi hampir semua pekerjaan beliau berkisar kepada hadits-hadits saja yang tidak mengambil hukum dari hadits-hadits ini. Ini suatu bukti bahwa beliau bukan Imam Mujtahid, tetapi ahli hadits yang di dalam furu’ syari’at beliau menganut Madzhab Syafi’i rahimahullah. Di dalam kitab “Faidhul Qadir” syarah “Jamius Shaghir” pada juz I halaman 24 diterangkan bahwa Imam Bukhari mengambil fiqih dari al Humaidi dan sahabat Imam Syafi’i yang lain.
Imam Bukhari tidak mengambil hadits dari lmam Syafi’i rahimahullah karena Imam Syafi’i meninggal dalam usia muda, tetapi Imam Bukhari belajar dan mengambil hadits dari murid-murid Imam Syafi’i rahimahullah. Tetapi sungguh pun begitu, dari dalam kitab Sahih Bukhari ada dua kali nama Imam Syafi’i disebut, yaitu pada bab Rikaz yang lima dalam kitab zakat dan pada bab Tafsir ‘Araya dalam kitab Buyu’. (lihat Fathul Bari juz IV halaman 106 dan pada juz V halaman 295).
16. Al Juneid Bagdadi (wafat 298 H.).
Nama lengkap beliau, Abdul Qasim Juneid bin Muhammad bin Juneid al Bagdadi. Beliau adalah seorang ahli tasauf besar yang sampai sekarang masyhur namanya dalam dunia Islam. Beliau belajar ilmu fiqih kepada Abu Tsur al Kalibi (murid Imam Syaf’’i rahimahullah) dan dalam usia 20 tahun sudah berfatwa.
17. Ad Darimi (wafat 280 H.).
Nama lengkap beliau adalah Utsman bin Sa’id bin Khalid bin Sa’id as Sijistani al Hafizh Abu Sa’ad ad Darimi. Beliau seorang ahli hadits yang terkenal dan juga ahli fiqih Syafi’i. Beliau belajar fiqih kepada sahabat-sahabat Imam Syafi’i rahimahullah yaitu kepada Al-Buwaithi dan juga kepada Ishak bin Rahuyah. Beliau mengarang kitab hadits besar bernama “Masnad Darimi” dan juga mengarang kitab untuk menolak Bisyir al Marisi, Imam Mu’tazilah.
18. Imam Abu Daud (wafat 275 H.).
Nama lengkap beliau adalah Sulaiman bin Asy’ats bin Ishak as Sijistani, yang kemudian terkenal dengan Imam Abu Daud saja. Beliau berasal dari Sijistan sebuah desa di India, lahir pada tahun 202 H. Seorang ulama ilmu hadits yang terkenal yang kitabnya “Sunan Abu Daud” termasuk kitab hadits yang enam, yaitu Bukhari, Muslim, Abu Daud, Nasai, Ibnu Majah dan Tirmidzi. Selain itu beliau adalah ahli fiqih Syafi’i yang dipelajarinya dari Ishaq Ibnu Rahuyah dan lain-lain ulama Syafi’iyah.
Inilah di antaranya sahabat-sahabat Syafi’i rahimahullah dan Ulama-ulama Syafi’iyah yang wafat pada abad ke III, yaitu abad dimana Imam Syafi’i rahimahullah wafat yaitu pada tahun 204 H.

https://bambangbelajar.wordpress.com/02-fiqih-syariah/imam-mazhab-fiqih-2/imam-hanafi/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s