KIAMAT DAN TANDANYA

Kiamat, Hikmah Mengimaninya, Urutan Menjelang, Saat, dan Setelahnya

Rukun iman yang ke-5 adalah iman kepada Hari Kiamat atau Hari Akhir. Sebagai orang Islam harus mengimani dan yakin bahwa Kiamat pasti terjadi, sedangkan Kiamat itu terbagi menjadi 2, yaitu Kiamat Kecil/Sughra(Sakit, gunung meletus, banjir, kecelakaan, kematian, piring/kaca pecah, dll) dan Kiamat Besar/Kubra (hancurnya alam semesta yang diikuti peristiwa-peristiwa sampai menuju alam akhirat).
Di akhir zaman ini banyak dibincangkan tentang Kiamat, sampai ada yang menjadikan film seperti “2012”, “Knowing”, dll, bahkan banyak yang membuat ramalan-ramalan kapan Kiamat itu datang. Dari perbincangan ini sebagian masyarakat mempunyai persepsi bahwa Kiamat adalah hancurnya alam semesta, dari sisi lain di berbagai belahan Bumi banyak bencana seperti gempa, gunung meletus, dll yang sebenarnya merupakan peringatan Tuhan dalam bentuk Kiamat kecil. Sehingga terkadang dengan persepsi dan bencana itu, manusia menjadi terbiasa bahkan lupa pada Kiamat Besar yang merupakan peristiwa yang amat sangat ditakuti oleh orang-orang sholeh terdahulu.
Sebelum itu mari mengkaji berbagai nama dari Hari Kiamat:
• Yaumul Akhir atau hari akhir, maksudnya adalah hari yang paling akhir dalam kehidupan manusia. Setelah peristiwa kiamat ini tidak akan dijumpai hari-hari lain kecuali hari akhir. Segala peristiwa dan kejadiannya sudah tidak sama dengan alam di dunia.
• Yaumul kiamat atau hari kiamat, maksudnya hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur untuk mempertanggungjawabkan segala amal perbuatannya pada waktu hidup di dunia.
• Yaumul hisab atau hari perhitungan, maksudnya segala amal perbuatan manusia akan dihitung, sebesar apapun perbuatan tersebut baik perbuatan yang buruk maupun perbuatan yang baik. Perhitungan ini tidak akan mengalami kesalahan. Amal perbuatan manusia akan diperhatikan dan dimintai pertanggungjawabannya.
• Yaumul jaza’ atau hari pembalasan amal, maksudnya manusia yang melakukan amal kebaikan akan mendapat balasan surga, sedang manuisa yang melakukan amal perbuatan yang buruk atau dosa akan mendapat balasan neraka.
• Yaumul fasli atau hari keputusan, maksudnya setiap manuisa di hari akhir nanti akan mendapatkan keputusan terakhir tentang nasibnya. Hal ini sesuai dengan amal perbuatannya pada waktu di dunia.
• Yaumul taqabun atau hari kerugian, maksudnya pada hari kiamat nanti, dengan segala keputusan dan kepastian yang diperoleh dari Allah, semuanya akan mengalami kerugian, terutama bagi mereka yang tidak memperbanyak amal kebaikan dan saleh pada waktu di dunia.
• Yaumul hasyr atau hari penyesalan, maksudnya setiap manusia akan menyesal dengan segala amal perbuatannya. Bagi mereka yang tidak berbuat baik akan menyesal mengapa ketika hidup di dunia tidak patuh kepada Allah. Sedang mereka yang berbuat baik akan menyesal mengapa tidak memperbanyak amal saleh.
• Yaumul waid atau hari ancaman, maksudnya pada hari kiamat nanti manusia yang berbuat buruk di dunia akan mendapat siksaan dari Allah SWT.
• Yaumud hid atau hari pertanggungjawaban agama, maksudnya pada hari kiamat nanti setiap manusia akan mempertanggungjawabkan kebenaran agama yang dianutnya.
Ada juga peristiwa-peristiwa yang dikaitkan setelah bencana hancurnya alam semesta, seperti:
1. Yaumul Barzah, adalah hari penantian seluruh umat manusia yang telah meninggal. Yaitu nanti masa dibangkitkan manusia dari alam kubur untuk menhadap kepada Allah guna mempertanggungjawabkan seluruh amal perbuatan ketika di dunia.
2. Yaumul Ba’as, adalah hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur.
3. Yaumul Mahsyar, adalah hari dikumpulkannya manusia setelah dibangkitkan dari alam kubur, untuk menunggu pengadilan dari Allah SWT.
4.Yaumul Hisab, adalah hari perhitungan amal perbuatan manusia selama selama hidup di dunia.
5.Yaumul Mizan, adalah penimbangan amal perbuatan manusia setelah diperhitungkan baik buruknya selama hidup di dunia.
6. Sirat, adalah jalur atau jalan penentu dari masing-masing manusia setelah dihisab dan ditimbang amal baik buruknya. Pada tahap ini manuisa akan ditentukan msuk neraka atau masuk surga . Hal ini tergantung amal baik dan amal buruk.
7. Syafaat, adalah pertolongan yang diperoleh umat manusia yang beriman, Islam dan ihsan. Pertolongan tersebut berasal dari amal perbuatan yang baik ketika di dunia. Bagi orang beriman dan beramal saleh kelak pada hari Kiamat akan mendapat syafaat berupa kemudahan dan keringanan dari berbagai kesulitan yang dihadapi.
8.Surga dan Neraka, adalah tempat terakhir pembalasan manusia. Bagi yang beramal baik akan masuk surga dan sebaliknya orang yang beramal buruk akan masuk neraka.

Pelajaran atau hikmah ketika seorang muslim beriman pada Hari Kiamat

Peristiwa Kiamat Besar dikabarkan Tuhan dalam Al Qur’an, seperti terkandung dalam surat Al Zalzalah, Al Qariah, Al Ghasiyah, Al Waqiah, dan lainnya. Bagi muslim yang imannya kuat, jika teringat dengan Kiamat Besar dengan peristiwa yang menyertainya akan menemukan perasaan cemas, takut, gentar,hilang nafsu makan berhari-hari bahkan sampai ada yang meninggal karena tersentak dengan kedahsyatannya. Bagaimana tidak, ketakutan dan kecemasannya sangat tepat, mungkin bukan bencana hancurnya alam semesta yang ditakuti, tetapi peristiwa Kiamat (Qiyam) itu sendiri yang berarti hari dimana manusia dibangkitkan/diberdirikan untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatannya.

Ada di kalangan sahabat Nabi SAW seperti Sayidina Abu Bakar ra yang menyampaikan alangkah baiknya jika ia tercipta sebagai pohon atau lainnya, juga orang sholeh yang lainnya yang merasa lebih celaka dari binatang karena payahnya dalam mempertanggungjawabkan amalnya. Karena mereka mengetahui, memahami betapa beratnya Hari Kepastian itu. Setelah semua manusia dibangkitkan, matahari didekatkan ke ubun-ubun, dan manusia dibiarkan menderita kepayahan, kemudian minta kepada Nabi-Nabi mereka agar mengadu pada Tuhan, namun para Nabi enggan karena mengetahui Kemurkaan Tuhan. Ketika itulah dinampakkan kebesaran, keagungan, ketinggian derajat Nabi Muhammad SAW dibandingkan dengan seluruh makhluk semuanya, karena Allah Tuhan Yang Maha Perkasa hanya berkehendak kepada Nabi SAW.

Kemudian pada Hari Perhitungan amal, manusia diadili dengan berbagai saksi, sedang mulutnya terkunci. Betapa payahnya orang yang diadili, seandainya di dunia menjadi seorang tersangka/nara pidana yang diadili dalam waktu sepekan/satu bulan sudah dirasakan betapa malu dan hina/tercelanya diri, serba dibatasi, apalagi di Hari Pengadilan ini, Hakimnya adalah Tuhan Yang Maha Adil, saksinya seperti tangan dan kaki sendiri tiada yang bisa disuap atau dilobi, semua bercerita sedetailnya.

Dan waktunya tidak sebentar, sebagai perbandingan: orang miskin yang beriman masuk Syurga 500 tahun lebih dahulu dari orang kaya yang beriman, 1 hari di waktu itu sama dengan 1.000 tahun di dunia ini, betapa celakanya diri dalam pengadilan ini. Maka sungguh beruntung bagi golongan Bighairi Hisab, golongan manusia yang masuk Syurga tanpa Hisab/pengadilan ini.

Demikian sedikit cerita dahsyatnya Kiamat dan peristiwa yang menyertainya, semoga dengan rasa takut ini dapat menumbuhkan ketaatan, taubat atas dosa, kehati-hatian dalam menjalani kehidupan yang hanya sebatas “mampir ngombe” ini, dunia hanya jembatan untuk mencari bekal taqwa untuk pulang kembali ke kampung akhirat.
——

Sekilas peristiwa sebagai tanda menjelang, saat Kiamat Besar, dan setelahnya:
Nabi Muhammad s.a.w dilahirkan
1.1 – Islam ditegakkan semula
1.2 – Hijrah Rasulullah ke Madinah
1.3 – Dakwah Rasullulah
1.4 – Peperangan Rasullulah menentang kafir
Kebangkitan Khalifah
2.1 – Wafatnya Rasullullah
2.2 – Khalifah Islam menjadi pemerintah di mukabumi (Othmaniah, Nusantara, Andalusia, Benua Arab, India, Cina)
Kejatuhan Khalifah
3.1 – Kebangkitan Revolusi di seluruh dunia
3.2 – Perang Dunia 1 dan 2
3.2 – Kebangkitan pengaruh dan agenda Dajjal
3.3 – Umat Islam berpecah-belah.
3.4 – Agama Islam dan agama yang lain dirosakkan secara halus melalui pelbagai fahaman.
3.5 – Kekerapan Gempa Bumi meningkat.
3.6 – Umat Islam mengikut telunjuk Yahudi Nasrani hingga ke lubang biawak
3.6 – Penzinaan berleluasa
3.7 – Ramai anak Derhaka kepada Ibu Bapa
3.8 – Agama bergerak secara individual dan bukannya kesatuan
Perang Dunia Ketiga
4.1 – Semua agama bergabung menentang Islam secara peperangan
4.2 – Agama Islam dirosakkan – memisahkan syariat dan hakikat(roh Islam)
4.3 – Kemarau panjang
4.4 – Umat Islam ditindas dengan kejam kecuali mereka yang kafir/munafik
4.5 – Pergilah menemui panji-panji hitam di kawasan bersalji dan bergunung ganang
Disaat ini Dajjal dan pengikutnya masih menyembunyi kerja tangan mereka didalam semua peperangan.Manusia berperang kerana nafsu dan saling tuduh menuduh. Manusia berperang dengan sebab musabab yang tak munasabah dan motifnya.
Bala Bencana
5.1 – Bumi bertukar wajahnya akibat bencana
5.2 – Puak mukmin membawa diri ke gunung-gunung.
5.3 – Umat Islam mukmin yang hidup hanya 12000 lelaki, 7000 wanita..wallahualam
5.4 – Makanan berkurangan. Makanan muslim hanyalah zikrullah
5.5 – Berdoa supaya mati dari hidup yang teramat sengsara.
5.6 – Bencana melalui 4 unsur. Tanah / Air / Api / Angin. 2/3 penduduk dunia mati.
Khalifah Islam Dilantik
6.1 – Dilantik oleh ulama-ulama muktabar di Mekah ketika musim haji
6.2 – Umat Islam huru hara tanpa ketua – perasaan keluh kesah
6.3 – Puak Bani Hashim, Bani Tamim, Haris Al Harasth, Al Kalb(Golongan yang membantu Khalifah Islam) memerangi kafir Al Sufyani adalah golongan Islam Munafik
Peperangan Armegeddon (Al Mujjidun – sebuah padang rumput yg luas)
7.1 – (Islam + Kristian) vs Yahudi. Pakatan Islam + Kristian menang
Peperangan Islam Dan Kristian
8.1 – Berlaku apabila tentera salib mengatakan kemenangan kristian didalam peperangan armegeddon dan mereka berhak memerintah bumi
8.2 – Islam menang dibawah Khalifah Islam
Disaat ini Dajjal dan pengikutnya masih menyembunyikan dirinya
Pemerintahan Khalifah Islam (7-9 tahun)
9.1 – Rezeki melimpah ruah
9.2 – Haiwan Liar menjadi sahabat
9.3 – Tiada orang yg sudi menerima zakat
9.4 – Bumi mempamirkan kecantikkannya
Bangkitnya Dajjal (tenteranya/70000 org dari Isfahan/Iran)
10.1 – Turunnya Nabi Isa
10.2 – Nabi Isa bersolat berimamkan Khalifah Islam di Al Aqsa
10.3 – Cairnya wajah Dajjal tatkala melihat Nabi Isa
10.4 – Matinya Dajjal di tangan Nabi Isa
10.5 – Peperangan Khalifah dan Nabi Isa menetang Yahudi
10.6 – Pokok/batu bercakap jika yahudi berselindung
10.7 – Kemenangan untuk Islam
Wafatnya Khalifah Islam (Nabi Isa menjadi Khalifah di muka bumi selama 40 tahun)
11.1 Semua manusia wajib menerima Islam.
11.2 Pembunuhan babi di muka bumi
11.3 Turunnya Yaajud Maajud dari ‘atas’- sukar difahami maksudnya
11.4 Nabi Isa membawa Umat Islam ke Bukit Tursina dan berdoa untuk selamatkan Ummah dari Yaajud Maajud
11.5 Kematian Yaajud dan Maajud melalui wabak penyakit. Bumi menjadi busuk
11.6 Hujan Lebat membawa mayat Yaajud Maajud ke laut membersihkan bumi.
Wafatnya Nabi Isa
12.1 – Makamnya di sebelah makam Nabi Muhammad s.a.w
Kiamat Bermula
* Al Quran diangkat
* Nama Allah tidak disebutkan lagi
* Gempa Bumi Tiga penjuru
* Keluarnya Binatang yang berbulu berkata-kata
* Penzinaan di tepi tepi jalan/pasarraya
* Asap dari bumi
* Musnahnya Makkah dan Baitullah
* Semua Umat Islam dimatikan
* Matahari Naik di sebelah Barat
* Api dari barat. Manusia berbondong-bondong kearahnya
Kiamat Kubra : Pengakhiran masa / Pengakhiran kehidupan makhluk
1.Nafkhotan :yakni peniupan 2 kali sangkakala,oleh malaikat israfil.tiupan pertama,semua makhluk dimatikan oleh Allah SWT,dan yg kedua dihidupkan kembali Oleh Allah SWT.selisih waktunya 40 puluh (entah hari ,bulan atau tahun)

2.Ba’ats : hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatannya

3.Mahsyar : hari dikumpulkan nya manusia dipadang mahsyar untuk diadili,semua manusia pada saat itu sangat payah,karena matahari di dekatkan kepada manusia,dan manusia dibanjiri keringat,namun Allah akan memberi pertolongan kepada 7 golongan,yg sudah dijelaskan di episode sebelumnya

4.Syafaat Udma ,pertolongan oleh Nabi Muhammad SAW,untuk menyelamatkan orang yg ahli surga,agar segera dimasukan ke tempat penuh kelezatan,dan diringankan dosanya

5.Hisab : perhitungan amal baik dan buruk pada saat didunia,semua bibir terkunci,hanya anggota tubuh yg berasaksi

6.Mizan : penimbangan amal dan dosa

7.Ita-ul kitab :pemberian buku catatan amal manusia

8.Haudl (telaga) : setiap nabi memiliki telaga untuk memberi minum umatnya,hanya ahli surga saja yg diizinkan

9.shirotol mustaqim : jembatan membentang diatas neraka,permukaan titian nya sangat tipis dan tajam,dan lebih tipis dari rambut,untuk melewati jembatan ini,sesuai dengan amal kita,
ad yg melewati dengan secepat kilat,angin,terbang,berlari,dll

10.nah ini yg terakhir,surga dan neraka : surga penuh dengan rahmat,sedangkan neraka penuh dengan siksa

Sumber:

http://bangcermat.blogspot.com/2010/06/8-peristiwa-setelah-hari-kiamat-dan.html

http://myibrah.com/peristiwa-akhir-zaman-mengikut-urutan

http://hamzsevenfoldsm.blogspot.com/2010/09/11-urutan-peristiwa-hari-kiamat.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s