Renungan 4: Mobil atau Pipis?

Sesuatu yang dipandang remeh, menjijikkan, ataupun mungkin saking biasanya dianggap menyusahkan tapi nikmat yang satu ini luar biasa manfaatnya dan bagi yang merasakan akan melahirkan rasa syukur yang mendalam. Hampir setiap hari kita merasakan perut kita mulas atau istilahnya kebelet, untuk buang hajat (BAB atau pipis). Normalnya tiap pagi kita merasakan hal ini, kemudian segera buang hajat dan terbebas dari rasa sakit perut kita.

Perbandingannya: antara nikmat dihilangkan dari rasa sakit/susah/sempit dengan nikmat yang ditambahkan ketika tidak dalam kondisi susah/sempit, kira-kira kita lebih peka atau merasakan nikmat itu yang mana? Memang sepatutya dua kondisi itu akan melahirkan rasa syukur, dimana kita diajarkan untuk bersyukur atas nikmat-nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita. Ketika kita lapar-makan, ketika haus-minum, ketika kebelet-BAB atau pipis, ketika sakit-sembuh, dll itu adalah nikmat yang “dipaksakan” Tuhan pada kita melalui proses sakit/susah/sempit kemudian kita merasa plong, lega, kenyang, itu nikmat yang luar biasa maka sekalipun BAB atau pipis kita diajarkan untuk bersyukur dan berdoa meminta agar tidak dijadikan orang munafik.

Kasusnya berbeda dengan saat kita dalam kondisi biasa, dari kondisi cukup untuk menjadi kaya, dari punya motor ingin punya mobil, dll, jika terkabul wajib juga disyukuri, tapi kira-kira jika dibandingkan: saat perut sakit kebelet BAB atau pipis kemudian tidak bisa BAB atau pipis, dan ingin punya mobil tapi tidak terkabul, bagaimana? Maka akan terasa nikmat bisa BAB atau pipis itu lebih besar nilainya daripada sebuah mobil, dan itu kita rasakan setiap hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s