Kisah Karomah Sahabat: Ummu Syarik al-Dausiyah r.a.

Kisah keimanan kepada Rasul dikuatkan dengan bukti berupa MUKJIZAT, adakalanya mukjizat digunakan untuk menghadapi sihir seperti masa Nabi Musa AS, perjuangan Rasul SAW disambung oleh para Sahabat, Tabi’in, Tabiut Tabi’in, dan ulama-ulama terpilih. Para Sahabat, Tabi’in, Tabiut Tabi’in, dan ulama terpilih adalah Wali Allah yang dalam perjuangannya dikuatkan dengan karomah untuk meneguhkan keimanan.

Kisah 1
Yahya bin Sa’id menceritakan bahwa Ummu Syarik al-Dausiyah berhijrah, di tengah jalan ia berkawan dengan seorang Yahudi. Pada waktu itu, Ummu Syarik al-Dausiyah dalam keadaaan berpuasa. Orang Yahudi itu berkata kepada isterinya, “Jika engkau memberinya minum, aku benar-benar akan marah.” Sampai di penghujung malam, Ummu Syarik al-Dausiyah masih berpuasa karena tidak ada makanan untuk berbuka. Tiba-tiba di atas dada Ummu Syarik ada timba, lalu ia meminumnya. Kemudian orang Yahudi tersebut berkata, “Aku mendengar suara orang minum.” Istri Yahudi itu menyahut, “Demi’Allah, aku tidak memberinya minum.” (Riwayat Ibnu Sa’ad dari `Arim bin al-Fadhl dari Hammad bin Zaid)

Kisah 2
Ibnu Sa’ad juga menceritakan bahwa Ummu Syarik al-Dausiyah memiliki wadah lemak sapi yang dianggap jelek oleh orang yang mendatanginya. Ada seseorang mengunjunginya, lalu Ummu Syarik berkata, “Di dalam wadah ini, terdapat apa yang dibutuhkan.” Ia meniup wadah itu dan menjemurnya di panas matahari. Tiba-tiba wadah itu telah penuh dengan mentega. Ada yang berpendapat bahwa wadah lemak sapi Ummu Syarik termasuk tanda-tanda kekuasaan Allah.

Artikel ini adalah bagian dari buku Kisah Karomah Wali Allah karangan Syekh Yusuf bin Ismail an Nabhani.

 

Sumber: http://nusantara.mywapblog.com/kisah-karomah-ummu-syarik-al-dausiyah-r.xhtml

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s