Renungan 2: Rambut

Kagum dan geli jika teringat denga kenyataan ini. Karunia Tuhan yang sempurna ini dimiliki oleh setiap manusia, yaitu rambut. Rambut diciptakan Allah SWT dengan perhitungan yang sangat menakjubkan. Rambut kita tumbuh hampir di seluruh permukaan tubuh kita. Dengan kadar dan manfaatnya masing-masing, dengan jenis dan ukuran yang berbeda-beda. Jenis rambut kita antara lain dibedakan menurut tempat tumbuhnya seperti rambut kepala, rambut alis, bulu mata, rambut hidung, kumis, jenggot, cambang, rambut dalam telinga, di ketiak, di kemaluan, lengan, kaki, dan sekujur tubuh kita hampir dipenuhi rambut halus yang dikenal sebagai bulu. Belum lagi bentuknya ada yang lurus, bergelombang ataupun keriting. Tidak kalah lagi adalah warnanya, ada yang hitam legam, agak kehitaman, coklat, merah, kuning, sampai putih, … Subhanallah.

Ketebalan rambutpun berbeda-beda pada tempat yang berbeda. Tidak kalah istimewa adalah ukuran panjangnya, Allah menciptakan ukuran panjang rambut dengan perhitungan yang sempurna, pada tiap tempat yang berbeda. Rambut dikepala selalu memanjang sampai batas waktunya, jika dibiarkan tumbuh dapat mencapai beberapa meter. Berbeda dengan yang di alis, di sekujur tubuh ataupun di hidung. Dapat dibayangkan betapa repotnya kita jika rambut dalam hidung atau di alis tumbuh seperti rambut kepala, barangkali hampir tiap hari kita harus mencukurnya karena terus memanjang. Manfaat tiap rambutpun berbeda-beda, secara umum adalah sebagai pelindung indera kita pada posisinya masing-masing. Alhamdulillah…
Demikian Tuhan menciptakan rambut kita dengan kadarnya masing-masing.
Allah SWT Tuhan yang menciptakan kita dengan fasilitas rambut inipun memberikan petunjuk dalam bagaimana kita merawatnya, ada sunah-sunah yang dicontohkan Rasulullah SAW, antara lain paling tidak tiap 40 hari kita memotong rambut di ketiak ataupun kemaluan, memotong rambut pada hari senin, kamis, ataupun jum’at sayyidul ayyam. Selain itu juga ada beberapa larangan seperti menyambung rambut. Dan beberapa aturan lain yang dapat kita temukan dalam fiqih.
Bagi manusia yang berumur di atas 30 tahun, ada pesan khusus dari Allah SWT yang dititipkan pada rambut kita, yaitu dengan memutihnya warna rambut kita, ataupun mulai rontoknya rambut kepala. Seakan-akan kita diperingatkan agar bersiap-siap untuk dilihat bagaimana bekal akhirat kita, amal taqwa kita, sudah siapkah? Walaupun kita tahu kematian itu dapat datang sewaktu-waktu jika sudah dikehendaki-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s