20 Malaikat Penjaga Manusia, Siang dan Malam

Keagungan kerajaan Allah SWT Tuhan Yang Maha Perkasa nampak dalam rahmat kasih sayang dan perlindungan-Nya pada setiap manusia baik ia beriman ataupun kafir. Pada setiap manusia dikawal/dijaga oleh 20 malaikat yang mempunyai tugas-tugas khusus. Ada 10 malaikat yang menjaga saat malam dan 10 malaikat lagi yang menjaga saat siang.

20 Malaikat tersebut adalah Malaikat Hafadhah (para penjaga). Dalam kitab Qotrul Ghoits-Cahaya Iman-Syaikh An-Nawawi Al-Jawwi telah diceritakan, bahwasanya Sayidina Utsman bin Affan ra. bertanya pada Nabi saw.: berapa jumlah para malaikat yang ada pada manusia?. Rasullah saw. Menjawab: dua puluh malaikat, sebagian dari mereka adalah satu malaikat dari sebelah kananmu terhadap kebaikan-kebaikanmu, dia adalah yang menjadi pemimpin terhadap yang sebelah kirimu, jika kamu melakukan keburukan maka malaikat sebelah kiri berkata pada yang dari sebelah kanan: “Apakah akan aku tulis?” Yang dari sebelah kanan menjawab: “Jangan, siapa tahu ia akan bertaubat”, lalu yang sebelah kiri bertanya lagi, “Apabila tidak bertaubat?” Yang dari sebelah kanan menjawab, “Iya, tulislah, semoga Allah menyenangkan pada kita dari itu”. Nama malaikat sebelah kananmu adalah Raqib dialah yang menulis amal kebaikan dan yang sebelah kiri adalah Atid dialah yang menulis amal keburukan; dua malaikat yang berada di hadapan dan yang berada di belakangmu; satu malaikat yang memegang terhadap nashiyah-mu (kening), apabila kamu tawadu’ terhadap Allah maka ia akan mengangkat (derajat) mu, dan jika kamu sombong terhadap Allah maka ia akan menghancurkanmu; dua malaikat pada kedua bibirmu, mereka tidak mengingatkan padamu kecuali untuk bershalawat pada nabi Muhammad saw.; satu malaikat pada mulutmu yang tidak akan membiarkan ular atau serangga masuk kedalam mulutmu; dan dua malaikat pada kedua belah matamu. Disebutkan bahwa nama mereka adalah Syawiyyah (شَوِيَّة). Mereka inilah sepuluh malaikat yang ada pada diri manusia, lalu malaikat malam akan turun menggantikan malaikat siang, dan mereka-mereka inilah (malaikat malam dan malaikat siang) dua puluh malaikat yang berada pada diri manusia.

Adapun rincian 10 malaikat yang dimaksud di atas adalah sebagai berikut.

1. Berada di sebelah kanan (Raqib pemimpin Atid)
2. Berada di sebelah kiri (Atid)
3. Berada di depan
4. Berada di belakang
5. Pada kening/ubun-ubun (bila manusia merendahkan hati maka malaikat akan mengangkat derajatnya. Dan, begitu juga sebaliknya, kalau manusia malah sombong maka malaikat akan merendahkan derajatnya)
6. dan 7. Pada kedua bibir (menjaga manusia yang istiqomah membaca sholawat)
8. Pada mulut (menjaga agar tidak ada ular atau serangga masuk ke dalam mulut saat tidur), dan
9.dan 10. Berada pada kedua mata (menjaga reflek mata dari benda-benda asing yang masuk)

20 malaikat tersebut berkumpul pada saat Shubuh dan Ashar. Shubuh adalah pergantian dari malaikat malam ke malaikat siang. Sedangkan Ashar adalah pergantian dari malaikat siang ke malaikat malam.

Maka jagalah baik-baik Ashar dan Shubuh kita. Namun tanpa menafikan tiga sholat wajib yang lain.

Allah berfirman, Haafidzuu ‘alash sholawaati wash sholaatil wushthoo, “Jagalah sholat-sholat dan terutama sholat wushtoo (sholat Shubuh dan Ashar).”

Ketika Ashar, malaikat siang yang tugasnya sudah digantikan oleh malaikat malam naik. Ketika bertemu Allah ia ditanya, “Kaifa taroktum ‘ibaadii?” “Dalam keadaan yang bagaimana kau tinggalkan hamba-Ku?”

Dalam keadaan mabuk, sholat, zina, sholawat, berdusta, atau lagi ngaji?

Demikianlah kasih sayang dan penjagaan Tuhan kepada setiap manusia hamba-Nya. Para malaikat di atas tidak akan meninggalkan manusia sampai meninggal dunia. Jika sudah meninggal, selesailah penjagaan malaikat terhadap manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s