Sucikan Telur dari Najis Sebelum Dimasak

telur

Pada waktu kita memasak telur, perlu dicuci dulu sebelumnya supaya tidak ada sisa najis di kulit telur.
Dalam mendidik anak, kita musti pastikan bahwa semua makanan yang dimakan oleh anak bebas dari benda-benda haram. Salah satu benda haram yang sering dilupakan orang adalah najis pada kulit telur ayam. Telur ayam yang baru keluar dari ayam selalu ada najisnya walaupun sedikit. Telur yang masih ‘segar’ ini jika terpegang pada waktu memasak, maka najisnya dapat menempel di tangan kita, dan kemudian dapat berpindah ke bahan makanan lainnya yang akhirnya termakan. Dapat juga sewaktu telur tersebut dipecahkan, ada najis yang jatuh ke bahan makanan kita. Jika najis ini ada yang termakan, maka artinya ada barang haram yang masuk ke badan.

Secara umum makanan/minuman haram yang masuk dalam tubuh mempunyai konsekuensi/efek yang sangat besar. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Dapat berakibat ibadah dan doa kita selama 40 hari tidak diterima

Hal ini didasarkan pada hadits berikut: Sa’ad bin Abi Waqash bertanya kepada Rasululloh Saw, “Ya Rasululloh, doakan saya kepada Allah agar doa saya terkabul.” Rasululloh menjawab, “Wahai Sa’ad, perbaikilan makananmu, maka doamu akan terkabulkan.” (HR At-Thabrani). Disebutkan juga dalam hadis lain bahwa Rasululloh SAW bersabda, “Seorang lelaki melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut, mukanya berdebu, menengadahkan kedua tangannya ke langit dan mengatakan, “Wahai Rabbku! Wahai Rabbku!” Padahal makanannya haram dan mulutnya disuapkan dengan yang haram, maka bagaimanakah akan diterima doa itu?” (HR Muslim).

Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan makanan dan minuman yang anda (dan keluarga) konsumsi.

Mengikis Keimanan

Anda pernah melihat seseorang beragama Islam, tapi sering berbuat kejahatan? Bisa jadi yg bersangkutan senantiasa mengkonsumsi makanan dan minuman haram.

Rasululloh Saw bersabda, “Tidaklah peminum khamr, ketika ia meminum khamr termasuk seorang mukmin.” (HR Bukhari Muslim).

Hadits di atas memang hanya menjelaskan khamr, namun sebenarnya hal tersebut berlaku untuk semua makanan dan minuman haram.

Menjadi Penghuni Neraka

Kaum Muslim yang mengonsumsi makanan/minuman haram, sudah jelas akan disediakan tempat baginya di neraka kelak.

Rasululloh Saw bersabda, “Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram, kecuali neraka lebih utama untuknya.” (HR At Tirmidzi).

Mengeraskan Hati

Apabila seseorang begitu sulit menerima kebenaran, bisa jadi yg bersangkutan adalah pelanggan makanan/minuman haram.

Imam Ahmad ra pernah ditanya, apa yang harus dilakukan agar hati mudah menerima kesabaran, maka beliau menjawab, “Dengan memakan makanan halal.” (Thabaqat Al Hanabilah : 1/219).

At Tustari, seorang mufassir juga mengatakan, “Barangsiapa ingin disingkapkan tanda-tanda orang yang jujur (shiddiqun), hendaknya tidak makan, kecuali yang halal dan mengamalkan sunnah,” (Ar Risalah Al Mustarsyidin : hal 216).

Sumber:

http://cahaya-akhir-zaman.blogspot.com/

http://dikikzr.abatasa.co.id/post/detail/9100/efek-makanan–minuman-haram

Jika demikian halnya, makanan/minuman yang masuk dalam tubuh akan mempengaruhi perkembangan batin anak-anak maupun orang dewasa yang memakannya. Oleh sebab itu, sebelum memasak telur, cucilah dulu dengan air mengalir untuk menghilangkan najisnya. Tidak hanya telur yang perlu disucikan, tapi semua makanan/bahan makanan sebelum dimakan selayaknya disucikan terlebih dahulu, karena makanan memberikan pengaruh pada perkembangan hati manusia. Orang-orang terdahulu telah memberi contoh, keharaman makanan/minuman itu tidak hanya dilihat dari fisik/zat bahan makanan/minumannya saja, tetapi juga dari cara memperoleh makanannya, cara memasaknya, juga cara memakannya. Semoga kita dan keluarga kita dilindungi Allah Tuhan Yang Maha Pelindung dari berbagai makanan/minuman yang haram. aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s