BELAJAR BERSYUKUR

Bersyukur itu berterima kasih, karena telah dibantu atau diberi sesuatu. Sehingga bersyukur dapat ditujukan pada Tuhan ataupun makhluq, hakikatnya dalam tauhid, bersyukur/berterima kasih pada makhluq adalah bersyukur kepada Allah, karena semua terjadi atas izin-Ny, atas kasih sayang-Nya. Dalam Al Qur’an Allah menegaskan bahwa hanya sedikit hamba-Nya yang bersyukur. Untuk dapat bersyukur maka harus belajar, dari yang kecil-kecil hingga nanti yang besar.

Bersyukur dari apa yang terdekat dan rutin diterima atau dilakukan. Misalnya bernafas, cobalah ditanya pada semua orang, bolehkah udara yang dibuat bernafar selama 1 jam itu dibeli seharga 1 juta atau 1 trilyun? Maka jawabnya tidak mau, karena tanpa udara, tidak bisa bernafas akibatnya mati, sehingga nikmat bernafas dengan udara itu adalah besar nilainya karena dibeli 1 trilyun tidak boleh.

Saat kita makan/minum, adakah manusia yang selama 1 hari tanpa makan/minum sedikitpun? Jawabnya hampir tidak ada, hampir semua manusia makan/minum setiap hari, karena rutinitas ini. Hakikatnya saat berhadapan dengan makanan, Tuhan telah memberikan rahmat-Nya, beribu bahkan berjuta manusia ditundukkan untuk menghadirkan makanan didepan kita. Buktinya jika ditanya, adakah manusia yang dapat bekerja sendiri sehingga memperoleh sebiji nasi? Dari mulai menanam benih padi, memupuk, memeliharanya siang malam hingga berbuah, kemudian dipanen, diselep, diangkut ke pasar, dijual, dibungkus dengan plastik, dimasak dengan air menggunakan kompor gas, dihidangkan dalam piring, dst. Jadi banyak sekali yang berjasa saat kita makan.

Bagaimana bersyukur/berterima kasih pada manusia sebanyak itu yang telah membantu, tentu tidak bisa mendatanginya satu per satu. Kita diajarkan berdoa sebelum dan sesudah makan. Maka dengan perasaan yang khusyuk, hadirkan wajah-wajah ppetani yang siang malam kepanasan, pekerja pabrik plastik, kuli pasar, penggali sumur, dst itu uang mungkin belum bisa makan nikmat seperti didepan kita. Kemudian berdoa, minta kepada Allah agar mereka yang telah berjasa diberikan hidayah, petunjuk, nikmat, keselamatan dunia&akhirat. Dalam hal ini kita berusaha berdoa kepada saudara kita tanpa sepengetahuan mereka, Insya Allah para Malaikat juga akan mendoakan hal yang sama kepada kita.

Semoga bermanfaat

About these ads

One thought on “BELAJAR BERSYUKUR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s