Dapatkah Orang Meninggal Mendoakan Orang yang Masih Hidup

Orang yang meninggal dapat mendoakan orang yang masih hidup, yaitu menjawab salam orang hidup yang memberi salam kepadanya. Menjadi hal yang biasa dalam kehidupan seorang muslim untuk mengucapkan salam bagi penghuni kubur dalam suatu makam utamanya makam muslim. Maka orang-orang yang meninggal tersebut juga menjawab salam orang yang mengucapkan salam padanya, baik dia mengenal maupun tidak, hanya sebagian besar kita tidak dapat mendengar jawabannya. Salam dalam Islam tidak lain adalah DOA KESELAMATAN bagi saudara se-Islam baik dikenal maupun tidak.
Dari Abi Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: “Apabila orang yang lewat kuburan saudaranya kemudian memberi salam, maka akan dibalas salam itu, dan dia mengenal siapa yang menyalami. Demikian juga mereka (yang mati) akan menjawab salam orang-orang yang tidak kenal.”

Dengan demikian ikatan saudara seiman tidak akan putus walaupun salah satunya telah meninggal, doa yang satu kepada yang lain tetap dapat dilakukan, utamanya doa dari yang hidup kepada yang telah meninggal, maka sering dalam khotbah jumat atau dalam doa bersama sering kita dengarkan doa: Allahummaghfir lil muslimina wal muslimat wal mukminina wal mukminat al ahyai minhum wal amwat, didoakan baik yang masih hidup maupun yang telah mati.

Doa Nabi kepada orang yang sholat

Tidak terkecuali Baginda Nabi Muhammad , ketika seorang muslim mendirikan sholat maka dalam tahiyat akhir dia akan mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad SAW: Assalamu’alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullahi wa barakaatuh, sehingga Nabipun akan menjawab hal yang serupa. Doa mendoakan terjadi dari orang yang hidup kepada orang yang telh meninggal dan sebaliknya. Bukankah bangga seorang muslim yang menyampaikan salam kepada Nabinya dan dibalas oleh Nabi ?

Diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daud daripada Abu Hurairah ra, bahawa Rasulullah bersabda: “Tidak seorang pun memberi salam kepada Daku kecuali Allah mengembalikan roh Daku kepadaku sehingga Daku dapat menjawab salamnya.”

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s